Thursday, May 3, 2012

Anjing Chihuahua ditemukan di Mexico tahun 1850. Anjing Chihuahua berasal dari hasil kawin silang antara anjing Toltec, anjing Chinese Crested dan anjing Techichi . Pada jaman suku Aztec, Anjing Chihuahua  di pakai sebagai binatang korban. Biasanya , jika ada bangsawan dari suku Aztec yang meninggal Anjing Chihuahua ikut di kubur bersama jenasah bangsawan tersebut. Anjing Chihuahua dipercaya dapat menuntun roh orang tersebut menuju surga.  

 
 Anjing Chihuahua memiliki tubuh yang kompak dan agak sedikit panjang. Ekor Anjing Chihuahua  tidak dipotong (undocked) dan tidak terlalu panjang. Ekor Anjing Chihuahua  biasanya melengkung ke arah punggung (tea cup tail) , menunjuk ke arah kepala dan tegak lurus seperti antena. Batok kepala berbentuk buah apel (apple dome), Anjing Chihuahua  yang berkualitas tinggi batok kepalanya harus apple dome. Kalau dilihat dari samping, antara batok kepala dan moncong meiliki sudut 90 derajat. Batok kepala harus berbentuk bulat jika dilihat dari depan bukan kotak .

Anjing Chihuahua  biasanya memiliki molera (lubang) di atas kepala pada saat lahir dan akan merapat atau hilang pada saat dewasa. Warna mata harus berwarna gelap, hidung berwarna hitam atau coklat jika warna bulunya putih atau warna muda. Kuping Anjing Chihuahua  berdiri tegak dan letaknya membentuk sudut 45 derajat jika dilihat dari depan. Anjing Chihuahua tidak oleh memiliki kuping seperti kuping Miniature Pincher yang posisinya tegak lurus ke atas. 

 Anjing Chihuahua  memiliki 2 jenis bulu; bulu pendek (smooth coat) dan bulu panjang (long coat) . Keduanya boleh saling dikawinkan tidak seperti anjing Dachshund atau Fox Terrier yang tidak boleh dikawinkan jika type bulunya berbeda. Kadang dari perkawinan antara bulu pendek dapat menghasilkan Anjing Chihuahua  bulu panjang begitu juga sebaliknya.

Berat badan Anjing Chihuahua  berkisar antara 1 Kg - 2,7 Kg dengan tinggi badan sampai 20 CM diukur sampai punggung.

Anjing Chihuahua bulu pendek dan bulu panjang harus disikat atau disisir sedikitnya 2 kali dalam seminggu. Anjing Chihuahua  juga tidak perlu  sering dimandikan apalagi jika dipelihara didalam rumah dan berAC. Cukup mandikan mereka maksimal 1 bulan sekali. 

 Anjing Chihuahua  tidak memerlukan latihan yang berarti.  Anjing Chihuahua  tidak memerlukan waktu khusus untuk dibawa berlatih diluar rumah. Cukup lepaskan mereka ditempat yang aman dan mereka akan bermain. Dengan bermain seperti berlari , latihan untuk mereka sudah cukup.
Anjing Chihuahua harus disosialisasikan denga baik , karena anjing ini mudah stress ditempat yang asing dan ramai.

Seekor betina yang berkualitas biasanya dapat melahirkan antara 1-3 ekor anakan saja. Sering sekali proses melahirkan memerlukan bantuan seorang dokter hewan karena Anjing Chihuahua  mudah sekali kelelahan. Kadang namun juga sering, Anjing Chihuahua  harus melahirkan dengan proses Cesar. 

 Anakan Anjing Chihuahua  yang baru lahir memiliki bobt antara 60 gram sampai 90 gram dengan panjang badan sekitar 10 CM. Tingkat kematian puppies juga sangat tinggi. Proses pertumbuhan Anjing Chihuahua terjadi dengan sangat cepat dibandingkan dengan trah lainnya. Kadang ukuran tinggi badan Anjing Chihuahua  umur 4 bulan sama dengan ukuran tinggi Anjing Chihuahua  dewasa. Perhatian yang intensif sangat diperlukan oleh Anjing Chihuahua  yang sedang tumbuh karena 1 jam saja proses pertumbuhannya terganggu oleh penyakit, anjing tersebut akan kurang baik pertumbuhannya.

Anjing Chihuahua  memiliki ukuran badan terkecil diantara trah-trah yang lain di dunia ini. Karena ukurannya yang kecil, Anjing Chihuahua  hanya membutuhkan makanan yang sedikit. Untuk Anjing Chihuahua  dewasa , hanya memerlukan 50 gram dogfood kualitas premium tiap harinya. Karena makannya edikit, Anjing Chihuahua  juga mengeluarkan kotoran yang sedikit pula sehingga tidak terlalu merepotkan majikannya. Anjing Chihuahua  sangat mudah dipelihara, walaupun rumah anda berukuran kecil seperti type 21 atau di apartemen yang sempit, Anjing Chihuahua tetap merasa senang dan akan selalu menghibur sang majikan.

sumber Anjing Chihuahua
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment